Pantai Amai berkedudukan di kampung Tablasupa Distrik Depare Kabupaten Jayapura,dengan jarak tempuh Kurang lebih 3 km dari pusat kota sentani, pantai amai sendiri berada di bibir laut sebelah utara gunung syklop,dengan masyarakat yang menetap di lokasih pante ini adalah masyarakat asal kampung Tablasupa,

Amay sendiri merupakan Istila lokal yang selalu di sebut-sebut oleh  masyarakat  setempat sebagai nama  tempat. Lokasi atau lingkungan yg dilengkapi dgn air tawar yg bersumber dari beberapa aliran sungai kecil dari perbukitan gunung Cyklop selalu di banjiri oleh para pengunjung wisata lokal bahkan manca negara, dan Pantai Amai sendiri sekarang telah di jadikan tempat wisata yang terkenal di kabupaten Jayapura.
Kata “Amay” mengandung Arti trsendiri. Kata ini berasal dari dua suku kata yang di sebut dgn bahasa lokal setempat [Bhs.Tepera] (A-MAY)
A= Berpengertian sebagai Suara,Ucapan. Sedangkan MAY= Berasal dr kata MEMAY atau BAPAK. Orang tua setempat  menjelaskan bahwa; AMAY merupakan ucapan yang di sampaikan kepada manusia oleh Tuhan berbentuk “Pesan” Jadi Nama Amay artinya: “PESAN BAPA/TUHAN” sumber (AdminKampung)

%d blogger menyukai ini: